DIY : Desain Sistem – Muhammad Faisal Aziz – Medium

Hello, Good People!

Setelah sebelumnya membahas tentang permasalahan yang akan diselesaikan melalui project ini, sekarang akan dibahas tentang spesifikasi dan desain dari perangkat keras yang akan dipakai pada saat pengerjaan proyek.

Pada proyek ini, akan menggunakan alat-alat sebagai berikut.

  1. ESP8266 Lua Nodemcu WiFi Network Development Board
  2. DC Spray Pumping Motor
  3. Soil Humidity Moisture Sensor
  4. Step-Down Power Module Regulator LM2596
  5. Transistor TO-92 2N2222
  6. MB102 Breadboard Power Supply Module
  7. Breadboard
  8. Resistor
  9. Plant garden watering kit (10 meters)

Dari proyek yang akan dilakukan, akan dilakukan pemantauan terhadap kondisi kelembapan tanah dengan menggunakan Soil Humidity sensor. Apabila hasil pengukuran menunjukkan perlu dilakukannya penyiraman, maka tanah akan disiram.

Dalam proyek ini, pengolahan data menggunakan nodemcu. Adapun komunikasi yang dilakukan pada proyek ini menggunakan modul WiFi yang terdapat pada nodemcu.

Dari pengolahan data yang terdapat pada sistem, maka akan menghasilkan output berupa gerakan (motion), yaitu penyiraman yang akan dilakukan kepada tanaman apabila sensor menunjukkan bahwa kelembapannya kurang dari yang diperlukan. Selain itu, akan diberikan display terkait kondisi tanah melalui media web aplikasi monitoring.

Untuk konektivitas antar hardware, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Koneksi sensor kelembapan tanah
    Gunakan ESP8266 3.3 V untuk modul sensor kelembapan tanah. Hal ini berarti 3.3 V pada ESP8266 dihubungkan ke VCC dan GND dihubungkan ke GND. Setelah itu, hubungkan analog output dari sensor kelembapan ke analog input pada ESP8266
  2. Water pump ke ESP8266
Relay

Dalam menghubungkan water pump motor diperlukan modul relay. Hal ini dikarenakan relay menggunakan 5V dan ESP8266 menggunakan 3.3V, sehingga diperlukan transistor untuk menghubungknnya. Transistor terhubung ke pin D0 ESP8266 melalui resistor. Jika terhubung secara langsung ke ESP8266 dapat mengakibatkan ESP8266 terbakar. Pada relay juga akan dihubungkan ke water pump motor dan power supply. Atur tegangan pada motor pump sebesar 6–9V

3. Manual button
Dengan menggunakan ESP8266 NodeMCU, dapat digunakan flash button untuk switch on/off secara manual pada motor pump.

Berikut adalah diagram blok sistem yang akan digunakan pada pengerjaan proyek.

Diagram blok sistem

Pada sistem perangkat keras berupa nodemcu dan sensor-sensor yang terdapat, akan dilakukan pembacaan data melalui sensor kelembapan. Data yang diambil berupa data kelembapan dan nutrisi yang terdapat. Setelah itu, data akan diproses untuk penyiraman otomatis dan data-data tersebut juga akan dikirimkan kepada pengguna.

Mekanisme pengiriman data yang akan didapatkan oleh pengguna adalah melalui media Web App yang terdapat pada telepon seluler milik pengguna.

Pada saat ini, kami baru mencoba-coba dalam menggunakan ESP8266 NodeMCU, dikarenakan beberapa alat yang diperlukan seperti water pump motor dan soil moisture humidity sensor belum berhasil kami dapatkan (sedang dalam proses pengiriman dari seller). Berikut adalah progress rangkaian saat ini

Progress rangkaian

Kami masih menunggu bahan-bahan yang diperlukan untuk dapat membuat proyek ini, semoga saja minggu depan sudah berhasil dibuat.

Sekian dulu progress dari kami terkait pengerjaan proyek ini, sampai ketemu lagi minggu depan.

Ciao!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here